Jenis Catokan Rambut
Kecantikan

Tips memilih catokan rambut yang bagus

Catokan rambut adalah salah satu alat paling populer di perangkat kecantikan wanita mana pun. Catokan digunakan untuk meluruskan, mengeriting, membalik, dan menghaluskan rambut. Tapi tidak semua catokan diciptakan sama kualitasnya. Beberapa model memanas dengan cepat dan beberapa membutuhkan waktu lebih lama dari yang lain untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Jenis-jenis catokan rambut

Ada dua jenis model catokan rambut: keramik dan turmalin. Catokan keramik memanas dengan cepat tetapi tidak menahan suhu sebaik catokan turmalin. Catokan turmalin membutuhkan waktu lebih lama untuk memanas tetapi tetap panas untuk jangka waktu yang lama. Jenis catokan terbaik untuk rambut keriting tergantung pada jenis keriting yang Anda inginkan. Jika Anda memiliki rambut bergelombang, maka catokan keramik mungkin akan memberikan hasil yang lebih baik. Tetapi jika Anda memiliki ikal yang kencang, maka catokan turmalin akan memberi Anda hasil yang lebih baik.

Jenis pelurus rambut yang paling populer di Indonesia adalah yang menggunakan pelat keramik untuk mendistribusikan panas secara merata ke seluruh rambut Anda. Namun bukan berarti ini adalah alat yang terbaik. Alat yang terbaik adalah yang cocok dengan jenis dan kondisi rambut Anda. Catokan keramik umumnya direkomendasikan untuk orang yang ingin mendapatkan tampilan yang ramping tanpa merusak rambut mereka. Catokan keramik juga bagus jika Anda memiliki rambut halus atau menipis karena mereka tidak akan mencabut helainya.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat membeli flat iron baru adalah apakah memiliki pelat keramik. Pelat keramik memanas dengan cepat tetapi tidak menahan panas seperti halnya pelat titanium. Pelat titanium sangat bagus karena menghantarkan panas lebih baik daripada pelat keramik, sehingga tidak mudah membakar rambut Anda.

Cara terbaik untuk mengetahui besi mana yang tepat untuk Anda adalah dengan mencoba semuanya. Ada begitu banyak jenis catokan yang tersedia saat ini sehingga perlu waktu bertahun-tahun untuk menguji semuanya. Tapi di sini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli satu.

Catokan keramik memanas dengan cepat tetapi mendingin perlahan. Ini membuatnya bagus untuk menata rambut lurus karena tidak merusak kutikula batang rambut. Model ini tidak direkomendasikan untuk rambut keriting karena cenderung menyebabkan semakin keriting.

Catokan titanium adalah catokan pemanas tercepat. Mereka bagus untuk mengeriting rambut karena memberikan ikal ketat yang bagus tanpa menyebabkan keriting. Mereka juga bagus untuk meluruskan rambut karena tidak meninggalkan residu.

Catokan datar bekerja dengan memanaskan rambut ke titik di mana ikatan di dalam korteks putus. Saat ikatan putus, rambut menjadi lebih lurus. Catokan datar biasanya panas pada sekitar 300 ° F (149 ° C), meskipun suhu bervariasi tergantung pada merek. Setelah rambut dipanaskan, rambut harus didinginkan sebelum dapat ditata kembali. Penataan rambut tidak akan berfungsi dengan baik jika rambut masih panas.

Sejarah Catokan Rambut

Pada awal 1900-an, penata rambut Prancis Marcel Grateau menciptakan sisir logam berpemanas yang dapat memanaskan rambut saat masih bersentuhan dengan kulit kepala. Ia juga mempelopori penggunaan preparat kimia untuk membantu meluruskan rambut. Metodenya diadopsi secara luas, dan desain sisirnya kemudian dipatenkan oleh penemu Amerika Josephine Cochrane. Dia menyebut penemuannya “pengering rambut listrik praktis pertama.”

Pada tahun 1909 Isaac K. Shero menemukan pelurus rambut pertama yang terbuat dari dua pelat besi datar. Pelat besi datar ini dipanaskan dan kemudian ditekan bersama. Penemuan ini memungkinkan wanita untuk menata rambut mereka di rumah. Kemudian, pelurus keramik dan listrik diperkenalkan yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan pengaturan panas dan ukuran pelurus. Pada tahun 2014, Sharon Rabi merilis sikat pelurus rambut merek DAFNI. Sikat pelurus keramik memiliki luas permukaan yang lebih besar daripada catokan datar tradisional.

Anda harus memperhatikan jenis rambut Anda saat memilih catokan datar. Jenis rambut halus atau rusak sebaiknya memilih pelat yang memiliki pengaturan suhu rendah, sedangkan jenis rambut kasar atau keriting sebaiknya memilih pengaturan suhu tinggi. Pelindung panas juga penting, terutama jika Anda berencana untuk sering menggunakan catokan.

Kadeisha Placide adalah manajer dan stylist utama di Classic Beauty Studio. Dia mengatakan bahwa catokan datar berlapis keramik dan catokan keramik bisa dimiliki dan digunakan dalam rutinitas kecantikan Anda. Catokan berlapis keramik membantu menghilangkan keriting dan menghaluskan pelat pemanas, sehingga cenderung tidak menarik rambut. Catokan berlapis titanium memberikan perpindahan panas tercepat untuk hasil instan dan superior, jika Anda memiliki rambut yang lebih tebal atau keriting.

Pilih jenis catokan yang sesuai jenis dan kondisi rambut Anda

Saat memilih catokan, Anda perlu mempertimbangkan panjang rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut pendek, maka Anda harus memilih pelat datar dengan lebar 1 inci (2,5 cm). Untuk rambut panjang sedang, gunakan catokan datar dengan ukuran pelat 1,25 inci (3.2 cm). Rambut yang lebih panjang membutuhkan catokan datar dengan lebar pelat 2 inci (5 cm).

Saat menggunakan catokan datar, Anda harus mengoleskan panas secara perlahan dan merata ke seluruh helai rambut Anda. Anda juga harus menghindari menarik atau menarik rambut Anda saat menggunakan catokan datar. Jika Anda menarik rambut Anda saat menggunakan catokan datar, panas akan menyebabkan kerusakan pada rambut Anda.

Setelah mengetahui cara memilih dan menggunakan catokan yang sesuai dengan jenis rambut Anda, klik disini untuk mendapatkan rekomendasi catokan yang bagus dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.