Internet of Things
Internet

Perangkat IoT Paling Populer untuk penggunaan di Rumah

Perangkat Internet of Things (IoTs) terhubung ke internet melalui berbagai protokol dan standar. Perangkat ini sebagian besar dirancang untuk terhubung ke internet dan memberikan informasi tentang lingkungan sekitarnya. Mereka terutama digunakan untuk memantau kondisi fisik suatu objek dan sekitarnya. Beberapa perangkat IoT dirancang untuk memberikan keamanan dan keselamatan kepada pengguna. Daftar lengkap dan perbandingan perangkat IoT dengan fitur: Perangkat Internet of things (IoT) mendukung perluasan koneksi internet ke perangkat normal seperti komputer, laptop, dan smartphone. Perangkat ini murni terintegrasi dengan teknologi canggih yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi atau berinteraksi melalui internet dengan lancar dan juga dapat mengelola dan mengontrol dari jarak jauh bila diperlukan.

Perangkat IoT menjadi semakin populer. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Gartner, akan ada lebih dari 25 miliar hal yang terhubung pada tahun 2020. Pada tahun 2025, akan ada 50 miliar hal yang terhubung. Dan pada tahun 2030, akan ada 200 miliar hal yang terhubung. Itu berarti jumlah perangkat IoT akan meningkat setidaknya lima kali lipat pada tahun 2030.

Perangkat IoT akan segera melebihi jumlah manusia di Bumi. Pada tahun 2022, mungkin ada sekitar 20 miliar perangkat IoT yang terhubung. Itu berarti mungkin ada lebih banyak perangkat IoT daripada manusia di Bumi.

Perangkat ini menjadi lebih dan lebih populer saat ini. Perangkat tersebut pada dasarnya meliputi laptop, ponsel, jam tangan pintar, gadget pintar, mobil pintar, dan hampir semua perangkat tersebut banyak digunakan saat ini. Apa yang membuat perangkat ini pintar? Yah, mereka terhubung ke internet dan mereka dapat berkomunikasi satu sama lain. Jadi, bagaimana komunikasi ini terjadi? Ada banyak cara berbeda untuk menghubungkan perangkat ini bersama-sama. Misalnya, Bluetooth, Wi-Fi, ZigBee, ZWave, NFC, dll. Sebagian besar koneksi ini nirkabel, artinya tidak perlu kabel atau kabel untuk menghubungkan perangkat ini bersama-sama, sehingga lebih mudah untuk dipindahkan. Hal lain tentang perangkat ini adalah mereka dapat berkomunikasi menggunakan gelombang radio, yang berarti bahwa mereka dapat mengirim informasi satu sama lain meskipun mereka berjauhan.

Perangkat IoT harus terhubung ke Internet dalam beberapa cara. Perangkat ini mungkin tidak harus terhubung melalui Wi-Fi, tetapi dapat menggunakan teknologi lain seperti Bluetooth, ZigBee, Z-Wave, dll. Beberapa perangkat IoT akan memiliki konektivitas internal, sementara yang lain mungkin memerlukan koneksi eksternal. Misalnya, jika Anda melihat termostat, Anda mungkin ingin menghubungkannya ke router rumah Anda. Jika Anda melihat kamera bel pintu, Anda mungkin ingin kamera itu terhubung langsung ke Internet.

Perangkat IoT terhubung ke internet dan mengirim informasi tentang diri mereka sendiri ke server. Server ini kemudian mengumpulkan informasi tentang perangkat dan pemiliknya. Data yang dikumpulkan meliputi detak jantung, kalori yang terbakar, langkah yang diambil, jarak tempuh, lokasi, kondisi cuaca, dan data serupa lainnya. Beberapa perangkat IoT juga memiliki sensor yang mengukur suhu, kelembaban, kualitas udara, tingkat kebisingan, intensitas cahaya, dan banyak lainnya.

Keuntungan Perangkat IoT

IoT memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan lingkungan kita dengan cara yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Kami dapat mengotomatiskan proses, memantau kondisi, dan bahkan mengontrol perangkat lain dari jarak jauh. IoT juga memungkinkan kita untuk mengumpulkan data yang lebih rinci tentang lingkungan kita, memungkinkan kita untuk melihat apa yang terjadi di sekitar kita secara real time. Perangkat ini terintegrasi dengan lebih banyak informasi teknis, sehingga lebih mudah dioperasikan.

Teknologi IoT mengubah cara kita berinteraksi dengan lingkungan kita. Ini memungkinkan kita untuk memantau rumah, bisnis, dan bahkan tubuh kita. Ini juga memberi kita kemampuan untuk mengotomatisasi banyak aktivitas kita sehari-hari. Dengan menggunakan IoT, kita dapat mengurangi jumlah waktu yang kita habiskan untuk melakukan tugas yang berulang dan meningkatkan produktivitas kita. Kita juga bisa lebih memahami apa yang terjadi di sekitar kita.

Kekurangan Perangkat IoT

Perangkat Internet of Things tidak kompatibel di seluruh negara. Mereka mungkin menjadi sangat kompleks dan gagal. Mungkin ada masalah privasi dan pelanggaran keamanan. Pengguna mungkin tidak merasa aman menggunakannya.

Pengurangan pekerjaan melalui otomatisasi akan terjadi di masa depan. Namun, juga akan ada peningkatan jumlah pekerjaan yang tersedia. Seiring berkembangnya teknologi, kita akan melihat lebih banyak peluang bagi individu untuk mengejar karier yang sebelumnya tidak terjangkau. Beberapa ahli percaya bahwa dalam 10 tahun, semua pekerjaan akan digantikan oleh mesin. Yang lain berpikir bahwa transisi akan terjadi jauh lebih lambat. Terlepas dari kapan perubahan itu terjadi, dampaknya terhadap masyarakat akan signifikan.

Beberapa Perangkat IoT Paling Populer

Google Home Voice Controller

Google Home Voice Controller

Google Home Voice Controller adalah perangkat asisten digital yang memungkinkan Anda menikmati fitur seperti musik, alarm, lampu, termostat, mengontrol volume, dan banyak fungsi lainnya hanya dengan suara Anda. Biayanya sekitar US$130. Anda juga dapat melihat ulasan kami di sini.

Google Assistant adalah asisten pribadi cerdas yang dikembangkan oleh Google. Ini tersedia di smartphone Android dan perangkat lain yang menjalankan Android 4.3 atau lebih tinggi, termasuk tablet. Asisten Google memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat menggunakan bahasa alami. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan, meminta informasi, membuat permintaan, dan memberikan umpan balik. Google Assistant juga menyediakan akses ke fitur seperti prakiraan cuaca, laporan lalu lintas, ulasan restoran, waktu menonton film, dan harga saham. Asisten Google juga dapat memutar musik, podcast, buku audio, acara radio, dan video YouTube. Asisten Google terintegrasi dengan banyak aplikasi dan layanan pihak ketiga, termasuk Gmail, Kalender, Peta, Foto, Drive, Play Musik, YouTube, dan lainnya.

August Doorbell Cam

August Doorbell Cam

August Door Bell Cam adalah inovasi hebat yang akan membantu Anda melacak pengunjung di rumah Anda. Anda dapat melihat ketika seseorang datang mengunjungi Anda dan jika ada aktivitas di sekitar rumah Anda. Ini bekerja dengan semua kunci pintar Agustus dan biaya hanya $ 199.

Lampu Sorot terintegrasi menghadirkan video HD penuh warna yang jernih bahkan penuh warna. Ini terus memantau ambang pintu Anda dan akan memicu peringatan ketika gerakan terdeteksi. Anda mendapatkan rekaman video 24 jam gratis. Instalasi cepat dan mudah. Tempat beli : Cek harga dan model terbaru disini August Door Bell Cam.

Belkin WeMo Smart Light Switch

Belkin WeMo Smart Light Switch

We Mo Light Switch memungkinkan Anda mengontrol lampu dari mana saja dan kapan saja. Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkannya, meredupkannya, atau mengubah warnanya dari ponsel, tablet, atau laptop Anda. Anda juga dapat membuat jadwal untuk menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis saat Anda tiba di rumah atau pergi. Jika Anda pergi, Anda masih bisa melihat apa yang terjadi di rumah. Anda bahkan dapat mengirim pesan ke anggota keluarga Anda jika Anda membutuhkan bantuan.

Belkin WeMo Smart Light Switch mudah dipasang. Anda hanya perlu meletakkannya di dinding dan mencolokkannya. Ada dua versi, satu dengan pelat muka dan yang lainnya tanpa pelat muka. Kedua versi datang dengan pelat muka dan tanpa sekrup. Instalasi sangat mudah. Cukup tekan tombol dan selesai!

Cosori Smart Quart Air Fryer

Cosori Smart Quart Air Fryer

Penggorengan udara Cosorii Smart 5,8 liter dirancang untuk memasak makanan favorit Anda dengan cepat, mudah, dan nikmat. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk membuat camilan sehat, seperti keripik renyah. Cosorii memiliki sensor built-in yang secara otomatis menyesuaikan waktu dan suhu memasak tergantung pada apa yang Anda buat. Dan desainnya yang ramping tampak hebat di meja mana pun.

Comments Off on Perangkat IoT Paling Populer untuk penggunaan di Rumah