Internet

Starlink Internet dan Google Fiber

Tentang Starlink

Perusahaan telah meluncurkan satelit pertamanya ke orbit dan berencana untuk meluncurkan ribuan lagi pada tahun 2020. Dikatakan akan menyediakan akses internet dari luar angkasa dengan kecepatan 100 kali lebih cepat daripada layanan saat ini.

Apa manfaat potensial dari adanya Starlink?

Jika semuanya berjalan dengan baik, perusahaan berharap pada akhirnya menawarkan layanan broadband satelit ke semua orang di planet ini. Tetapi jika semuanya tidak berjalan lancar, kita bisa melihat masa depan di mana orang membayar ekstra untuk akses internet yang cepat.

Layanan apa yang disediakan Starlink?

Perangkat infrastruktur satelit Starlink akan menyediakan akses internet ke daerah pedesaan di seluruh dunia yang saat ini tidak tersedia. Ini juga akan memungkinkan siaran televisi langsung ke rumah, yang dapat mengubah cara kita menonton TV.

Starlink akan menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi menggunakan satelit LEO. Satelit ini akan ditempatkan pada ketinggian sekitar 22.300 mil di atas Bumi, memberikan pengguna kecepatan yang serupa dengan yang tersedia melalui jaringan serat optik terestrial. Saat jaringan berkembang, itu juga akan menawarkan peningkatan bandwidth.

Hal yang kita suka

Instalasi mandiri yang mudah – Kit Starlink dilengkapi dengan semua yang Anda butuhkan untuk pengaturan yang mudah. Tanpa batas data – Anda dapat melakukan streaming game favorit tanpa khawatir tentang biaya kelebihan data. Latensi rendah – Paket Starlink menawarkan kecepatan ping antara 20 -40 ms, yang mengurangi buffering, idling, dan lag.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan

Di sisi murah – Anda bisa mendapatkan banyak jika Anda membeli antena luar ruangan. Tidak membutuhkan banyak ruang dan akan menghemat uang Anda. Membutuhkan langit yang cerah – Pemandangan langit yang cerah penting untuk mendapatkan sinyal yang paling kuat.

Layanan apa yang disediakan Starlink?

Starlite menawarkan layanan internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah di area di seluruh Amerika dengan kecepatan unduh rata-rata 100Mbps hingga 200Mbps. Layanan internet Starlite sangat mudah dengan kecepatan cepat dan ruang untuk berkembang seiring dengan perluasan jaringannya.

Tentang Google Fiber

Google Fiber adalah produk luar biasa yang menawarkan kecepatan tercepat yang tersedia di Google saat ini. Ada berbagai produk hebat lainnya yang tersedia, tetapi tidak ada yang menawarkan tingkat kecepatan setara Google Fiber dengan biaya yang sama rendah.

Ketersediaan Google Fiber

Google Fiber tersedia di beberapa kota di seluruh Amerika, termasuk Kansas City, Missouri, dan Huntsville, Alabama. Kota-kota ini memiliki banyak potensi karena dekat dengan wilayah metropolitan utama. Namun, tidak ada Google Fiber di banyak tempat lain, termasuk New York City, Los Angeles, Chicago, Philadelphia, Washington D.C., Boston, Miami, Houston, Dallas, Phoenix, San Diego, Seattle, Portland, Denver, Minneapolis, San Francisco, Sacramento, San Jose, Oakland, Riverside, San Bernardino, Las Vegas, dan banyak lainnya.

Fiber menawarkan opsi paket yang cepat namun terbatas

Google Fiber menawarkan dua kecepatan: Cepat (1 gig, 1 Gbps) dan Super-Cepat (2 gig, 2 Gbps). Sebagian besar perusahaan kabel besar menawarkan internet gigabit, tetapi Google Fiber adalah satu-satunya penyedia yang menawarkan kedua kecepatan sekaligus. Ada juga penyedia lain yang menawarkan internet gigabit, tetapi hanya dengan satu kecepatan. Misalnya, Comcast menawarkan Gigabit Internet pada kecepatan 10 Mbps atau 25 Mbps.

Ini memberikan kecepatan unduh hingga 1 Gbps dan kecepatan unggah hingga 100 Mbps. Google menawarkan dua paket: Gigabit Internet dan Internet Tanpa Batas. Kedua paket menawarkan penggunaan data tanpa batas dan kedua paket dilengkapi dengan perangkat Google Home gratis.

Google Fiber adalah upaya untuk menunjukkan nilai internet berkecepatan tinggi. Ketika diluncurkan, ia menawarkan kecepatan unduh 1 Gbps. Perusahaan mengatakan bahwa mereka ingin melihat apakah ada permintaan yang cukup untuk kecepatan secepat itu. Namun, setelah diluncurkan, perusahaan memutuskan untuk tidak melanjutkan perluasan jaringannya. Sebaliknya, itu berfokus pada pengembangan produk dan layanan lain.

Fiber mungkin tidak memiliki dampak mengganggu yang sama seperti perusahaan lain seperti Amazon atau Netflix. Sebaliknya, keberhasilannya adalah membantu perusahaan lain menjadi lebih inovatif dan kompetitif. Misalnya, Google Fiber membantu AT&T memperluas jaringan seratnya dan bersaing dengan perusahaan kabel. Dan Google Fiber membantu Verizon meluncurkan Go90, layanan streaming online yang bersaing dengan Netflix.

Starlink vs Google Fiber di Indonesia

Perbandingan Starlink vs Google Fiber

Lalu apakah kita di Indonesia akan bisa menikmati internet super cepat dari Starlink atau Google Fiber? Jawabannya adalah : TIDAK! Setidaknya tidak dalam waktu dekat ini, karena pasti akan banyak peraturan dan birokrasi yang harus dilalui agar provider tersebut bisa masuk ke Indonesia.

Lalu bagaimana dengan internet yang bagus di Indonesia? Simak artikel kami untuk mencari provider internet unlimited yang bagus di Indonesia.